about us

Ketika foto post wedding kami dipakai...

18:35

Foto dengan caption "Suami istri bahagia" di samping tersebut adalah foto post wedding kami yang kesekian yang dijadikan featured photo di artikel tentang keluarga maupun rumah tangga baik di websites atau di fan page facebook. Adalah adik saya yang pertama kali ngasi tau saya via whatsapp kalo foto itu dipake orang untuk featured photo, yang artikelnya dishare oleh fan page facebook yang likersnya cukup banyak juga, 1,706,210 cihuy. Saya sendiri malah belom ngelike fp itu hahaha.

Saya dan suami sih secara pribadi tidak mempermasalahkan foto post wedding kami digunakan oleh pihak ketiga. Selama tidak merugikan kami, ya sudah tiada mengapa. Kalau dikomersilkan pihak ketiga? Nah kalo itu sepertinya saya akan pikir-pikir untuk merasa agak rugi :p

Anyway, namanya wara wiri dunia maya, ketika sebuah foto kita putuskan untuk dipublish di Internet, entah itu di Facebook, di wedding blog seperti yang saya lakukan dengan foto post wedding kami, di Twitter, atau di mana saja, well it belongs to public as soon as it's published. Iya kan? Jadi, ketika foto kita dicomot oleh orang lain ya sudah risiko. Dengan izin atau tanpa izin. Meskipun dalam berdunia maya pun, kita sangat perlu beretika, a nettiquette, dan salah satunya adalah dengan meminta izin manakala hendak gunakan foto karya orang lain :)

Jujur saja, saya sendiri pun pernah kok pake foto atau gambar orang lain untuk foto penunjang artikel, termasuk artikel untuk wedding blog ini :D Tapi seringnya sih, saya 'mencomot' foto atau gambar dengan langsung insert hyperlink ke sumber aslinya sehingga begitu teman-teman ngeklik fotonya, langsung terhubung ke sumber tempat saya mengambil gambar. Begitu.

Dan kembali tentang foto post wedding kami yang digunakan pihak ketiga, once again, saya dan suami sama sekali tidak mempermasalahkan. Foto di atas itu, FYI, bukan foto pertama yang dipakai orang untuk mengiringi artikel atau tulisan berisi tips trik berumah tangga mereka :) Karena bukan foto pertama, sampai-sampai saya berpikir tampaknya perlu minta royalti untuk tiap pemasangan foto kami. Tapi, emangnya saya siapaaaa minta royalti segala hahahahahaaha :p


You Might Also Like

0 comments