article

50 Tips Membina Keluarga Bahagia

20:55

50 TIPS MEMBINA KELUARGA YANG BAHAGIA - oleh Dr Fadzilah Kamsah

1. Pasang niat dan berdoa untuk menjadi suami terbaik. Tanpa berniat dan berdoa anda tidak mungkin jadi suami yang cemerlang. Banyak suami lupa.

2. Bersyukur karena memiliki pasangan hidup. Yakinlah bahwa istri Anda adalah pasangan terbaik yang Tuhan tentukan untuk Anda. Ketentuan Tuhan adalah yang terbaik.

3. Suami mithali menjadi kebanggaan istri. Pastikan Anda membentuk sifat positif dan khusus. Coba tanya diri apakah sifat atau praktek yang bisa dibanggakan oleh istri Anda.

4. Setiap hari pulang dengan senyum dan bersemangat. Bila suami tersenyum, istri dan anak-anak akan bahagia dan rahmat Tuhan akan turun. Senyumlah saat sampai ke rumah.

5. Pastikan Anda ada waktu untuk mengobrol dengan istri setiap hari. Semua istri bahagia ketika dapat chatting dengan suami. Berapa menit yang Anda luangkan unutk berbicara dengan istri setiap hari?

6. Telepon istri ataupun kirim SMS sekadar untuk menyatakan yang Anda sayang ataupun rindu pada istri. Istri Anda akan menikmati dan bahagia saat mendapat panggilan ataupun pesan tersebut.

7. Hiburkan hati istri Anda dengan bercerita, buat lawak atau gurauan yang ramah. Setiap gurauan mengobati hati istri dan mengeratkan hubungan suami istri.

8. Pastikan Anda bercanda dengan isteri di dalam kendaraan saat dalam perjalanan ke tempat kerja ataupun ke mana saja. Banyak suami menghabiskan waktu dengan membisu saat di dalam kendaraan.

9. Amalkan makan bersama setiap hari. Chatting ramah dan nasehat menasehati saat makan. Praktek ini akan menarik hidayat Tuhan dan mempererat hubungan. Elakan mengobrol hal yang melalaikan waktu makan.

10. Ajak istri mandi bersama sekali sekala. Bercanda saat mandi bersama adalah sunah yang dapat mempererat hubungan suami istri.

11. Amalkan pertemuan keluarga sesering mungkin. Praktek bermesyuarat menarik hidayat Tuhan, mempererat hubungan dan menyelesaikan banyak masalah.

12. Bantu istri melakukan kerja rumah. Ini adalah sunah yang dapat meringankan beban isteri, mempererat kasih sayang dan membahagiakan pasangan Anda.

13. Pastikan penampilan Anda anggun, pembaruan, bersih, wangi, sehat dan ceria. Banyak suami inginkan istri yang mengancam, tetapi mengabaikan penampilan diri sendiri.

14. Didik istri dengan memberi nasihat dan peringatan secara hikmah. Jadikan tindakan dan praktek Anda sebagai contoh teladan yang cemerlang. Elakan cakap tak serupa bikin.

15. Berikan nafkah kepada isteri menurut kebutuhan keluarga dan kemampuan suami. Banyak suami mengabaikan nafkah karena istri bekerja. Banyak suami yang pelit dan berkira. Ini menyebabkan istri derita dan rumah tangga terancam.

16. Jadikan penawar hati kepada istri. Ambil berat kebutuhan dan kemauan dan fokus pada emosi dan situasi istri. Istri yang bahagia membentuk keluarga sejahtera.

17. Selalu taat kepada semua perintah Tuhan dan memastikan keluarga juga patuh kepada Tuhan.

18. Suami mithali selalu menyimpan rahasia istri. Banyak suami secara sengaja ataupun tidak sengaja menceritakan keburukan istri ke orang lain. Ini wajib dihentikan.

19. Muliakan keluarga istri seperti keluarga sendiri. Ada suami yang membeda-bedakan antara keluarganya dan keluarga istri. Ada suami yang memusuhi keluarga istri.

20. Bentuk sifat cemburu yang positif. Cemburu tanda beriman, sayang dan endah.Suami yang tidak cemburu adalah pengecut. Istri sangat suka ketika suaminya ada sifat cemburu. Dia rasa dihargai.

21. Jadilah suami yang pemaaf. Surga istri di bawah telapak kaki suami. Maafkanlah istri setiap malam sebelum tidur agar rumah tangga bahagia dan istri mudah masuk surga.

22. Tegur kesalahan istri dengan hikmah dan kasih sayang. Istri merajuk bukan sebab ditegur, tetapi cara ditegur yang kasar. Bila suami kasar, istri jadi takut, bingung, hiba dan memberontak.

23. Gunakan Nabi Muhammad sebagai model. Hidupkan praktek sunah dalam rumahtangga. Sebut nama rasul saat mendidik dan menasihati keluarga untuk mendapat hikmah.

24. Mendahulukan kebutuhan istri dari orang lain. Berikut adalah tertib pelayanan. Banyak suami yang melebihkan orang lain dari istrinya. Elakan kesalahan ini.

25. Suruh istri dirikan shalat dan ibadah lainnya. Bila berjauhan, telepon ataupun SMS untuk mengingatkan shalat. Wasiatkan istri untuk shalat fardhu dan sunat. Buat pesan ini sampai suami meninggal dunia.

26. Cintai istri sepenuh hati. Cintai tanpa syarat, bertambah sesuai usia, penuh kemaafan, memberi energi, tidak pernah sensara serta berteraskan iman dan takwa.

27. Berubah secara positif. Sebelum mencoba mengubah istri dan keluarga, ubah diri dulu. Bila suami berubah, keluarga akan turut berubah. Bila suami cemerlang, istri akan gemilang.

28. Tunjukkan keprihatian yang tinggi terhadap keluarga. Banyak suami tidak ambil kisah keluarga mereka.Cuba tanya apa lagi layanan tambahan yang patut berikan kepada keluarga.

29. Tunjukkan kematangan yang tinggi. Orang yang matang tenang, sabar, sehat, bijaksana, dapat membuat keputusan dan efisien menyelesaikan masalah.

30. Memuliakan semua perempuan bukan sekedar istrinya. Banyak pria mencoba hormat wanita tertentu sahaja.Ramai istri yang kecewa terhadap suami yang menghina atau tidak hormat atas wanita termasuk pembantu rumah.

31. Bentuk beberapa sifat wanita yang terpilih dalam diri suami. Nabi Muhammad amat pemalu, pemaaf, peka, peduli dan mudah menangis. Sifat wanita yang ada pada pria menaikkan martabat pria dan lebih disayangi wanita.

32. Mahir dalam mengelola keluarga. Peka dengan masalah dan karenah anggota keluarga, efisien melacak masalah, mencari alternatif solusi dan memilih solusi yang optimal.

33. Memperbaiki diri secara berkelanjutan. Tingkatkan iman dan takwa, cuci hati dengan shalat taubat, istighfar, memaafkan dan minta maaf, berkawan dengan orang yang baik, pendapatan yang berkat dan memperbaiki praktek dan tindakan.

34. Jadi contoh atau model terbaik untuk keluarga. Doa dan usaha agar setiap perbuatan Anda dapat dicontoh dan dibanggakan keluarga. Apakah sifat dan amal Anda yang dapat dicontoh oleh anggota keluarga?

35. Jadikan diri Anda pendorong dan motivator efisien unutk keluarga. Selalu beri promosi dan belaian. Hindari marah, kritik ataupun hina keluarga. Berpikir positif dan bersangka baik terhadap keluarga.

36. Tingkatkan ilmu terkait agama. Biasanya, suami yang mendidik keluarga mengenai agama. Belajarlah ilmu agama dengan niat mendidik diri dan keluarga.

37. Selalu menegakkan kebenaran. Tegas menyatakan apa yang buruk dan apa yang baik. Elak menyingkirkan kebenaran semata-mata untuk menjaga hati anggota keluarga. Tegakkan kebenaran dengan hikmah.

38. Bertindak tegas dan lemah lembut sesuai situasi. Tegas dalam mendorong ke arah kebaikan. Lemah lembut dalam menegur dan memberi nasihat. Tegas sangat orang memberontak, lembut sangat orang pijak.

39. Latih diri memuji dan menghargai istri. Banyak suami yang pandai kritik tetapi tidak tahu memuji. Belaian merawat emosi dan fisik istri dan membuat dia terasa disayangi. Cari peluang untuk selalu memuji.

40. Cari peluang untuk bertindak romantis terhadap istri. Ini termasuk senyum, lemah lembut, sebut sayang tiga kali sehari, buat sebelum disuruh, sentuhan sayang, pujian dan memberi hadiah.

41. Pahami yang istri ingin selalu di sisi suami. Pria berjauhan dengan istri sekali sekala. Bila berjauhan, telepon, SMS ataupun e-mail unutk bertanya kabar, berikan informasi dan mengobati rindu.

42. Bentuk kerjasama yang mantap dengan istri. Tunjukkan kesatuan hati dan pendapat kepada anak-anak dan orang lain. Membuat kerjasama melalui pertemuan, ngobrol, toleransi, bermaaf-maafan dan banyak berdoa.

43. Nilai diri dari kaca mata istri. Hapus sifat dan praktek yan istri benci. Berusaha keras melakukan hal yang istri suka. Bila istri bahagia, suami akan bertambah bahagia.

44. Bila suami memperlakukan istri seperti dia memperlakukan teman, pasti istri bahagia. Bayangkan cara Anda memperlakukan istri sebelum menikah. Ulangi layanan itu sekarang. Pasti hebat dampaknya.

45. Suami wajar belajar jadi menurut setia. Ikuti saran, pandangan dan pendapat istri yang benar. Jangan bangkang hal yang baik. Kunci macho dengan saksama.

46. Buat hukum dalam rumah tangga. Ketika suami marah, istri harus senyap. Apabila istri marah, suami harus senyap. Ini menghindari bergaduh. Orang tidak bisa berantem sendirian.

47. Latih gerak batin Anda agar kompatibel dengan gerak batin istri. Serasikan gerak batin dengan berdoa, patuh perintah Tuhan, maafkan istri, bersangka baik dan lakukan hal baik untuk istri menurut apa lintasan dalam hati.

48. Pimpin istri dengan nasihat dan kasih sayang. Pesan selalu dan nasihat sesekali. Waktu terbaik nasihat adalah saat istirahat, minum petang, waktu berjalan-jalan dan saat hendak tidur.

49. Seimbangkan hidup dengan sempurna. Rajin di tempat kerja, rajin juga di rumah. Peramah dengan teman, ramah juga dengan istri. Disiplin di kantor, disiplin juga di rumah. Sabar dengan orang, sabar juga dengan istri. Di luar dan di dalam rumah serupa.

50. Kelola stress dengan sempurna agar keluarga tidak terpengaruh. lakuakan hiburan, berdiet, hentikan rokok, bercampur dengan orang positif, bermain dengan bayi, tengok ikan di akuarium, menyanyi, shalat taubat dan maafkan semua orang.

You Might Also Like

0 comments